Home » Kesehatan » Pusat Kosmetik: Tips Mengatasi Jerawat di Leher
Pusat Kosmetik: Tips Mengatasi Jerawat di Leher

Pusat Kosmetik: Tips Mengatasi Jerawat di Leher

Mengatasi jerawat pada leher sebenarnya tidaklah berbeda dengan jerawat pada wajah, dada atau punggung. Jerawat pada leher juga dapat menimbulkan rasa kesal, jengkel, tidak menyenangkan dan dapat membuat kita kurang percaya diri.

Bila jerawat tumbuh pada dahi atau pipi, mungkin kita masih bisa menutupinya dengan rambut. Namun, jerawat yang tumbuh pada leher akan sulit untuk kita tutupi. Walaupun, beberapa orang mencobanya dengan menggunakan baju berleher tinggi, namun hal itu malah membuat kita merasa kepanasan, gerah dan dapat memperparah pertumbuhan jerawat tersebut karena pertambahan sebum.

Penyebab Jerawat pada Leher

Sebelum kita mengatasi jerawat pada leher Anda, sebaiknya kita perlu mengetahui dulu sebabnya jerawat bisa tumbuh subur di leher. Menurut penelitian para ahli, berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya:

  • Keringat atau kotoran yang menempel pada leher yang tidak langsung dibersihkan. Kotoran merupakan penyebab jerawat tumbuh di leher Anda, akan bertambah banyak apabila kotoran tersebut dibiarkan dan menghambat pori-pori kulit leher Anda.
  • Memakai baju berkerah ketat sehingga kotoran dan keringat mudah bertumpuk pada area di sekitar leher. Jika ini dibiarkan dalam waktu lama, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang kemudian menimbulkan jerawat.
  • Ketika mencukur bulu pada daerah dagu dan leher, terdapat sebagian rambut yang mungkin terjebak di dalam pori-pori leher dan kemudian tumbuh ke dalam.
  • Penggunaan pisau cukur yang tidak higienis juga dapat menyebabkan jerawat. Apalagi jika teknik mencukur yang Anda gunakan menimbulkan luka.
  • Beberapa makanan dapat menyebabkan jerawat tumbuh subur di leher dan bagian tubuh lainnya seperti gula, susu, kafein, alkohol dan segala jenis gorengan.
  • Kontak dengan bahan-bahan kimia seperti PCB dan klorin saat berenang di kolam. Umumnya, kolam renang menggunakan kedua bahan kimia ini untuk mensterilkan air. Namun jika digunakan secara berlebihan, maka bisa menimbulkan masalah chloracne dan sangat sering terjadi pada bagian leher.
  • Pertumbuhan bakteri di bagian leher yang kemudian menimbulkan jerawat.

Dengan demikian, cara mengatasi jerawat pada daerah leher yang paling ampuh adalah dengan mengurangi berbagai faktor yang disebutkan diatas. Jika faktor-faktor penyebab tersebut mampu Anda atasi maka lambat lain jerawat semakin sulit tumbuh pada daerah leher Anda.

Bagaimana jika kebersihan telah dijaga dan anda telah meminimalisir segala faktor penyebab tapi jerawat di leher tidak kunjung hilang. Jika ini yang terjadi maka anda mungkin sudah saatnya mengonsumsi obat jerawat alami, atau obat homeopati yang bisa Anda dapatkan di Belva Beauty. Selamat mencoba!